Saturday, September 21, 2013

Strategi Pembelajaran yang Efektif

,
Ketika membaca artikel ini, anda akan memperoleh banyak wawasan mengenai bagaimana Anda dapat membantu anak didik Anda menjadi semakin efektif dalam mempelajari materi yang Anda ajarkan. Pada saat yang bersamaan, saya berharap Anda juga dapat memperoleh wawasan mengenai bagaimana Anda sendiri dapat mempelajari dan mengingat materi kuliah dengan lebih baik. Dalam artikel ini mari kita tinjau secara ringkas empat strategi yang dapat Anda gunakan dalam membaca dan mempelajari pelajaran.
1.    Hubungkanlah hal-hal yang Anda baca dengan hal-hal ya¬ng telah Anda ketahui
Dalam hal ini Anda cobalah untuk menghubungkan ide-ide dalam pelajaran/ buku yang Anda baca dengan hal-hal yang telah Anda ketahui dan yakini. Sebagai contoh, hubungkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip baru dengan pengalaman Anda sendiri, kuliah yang pernah anda ambil, atau pengetahuan anda secara umum mengenai manusia dan perilakunya.
2.    Kaitkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip abstrak dengan contoh-contoh konkret.
Anak-anak menjadi semakin mampu memikirkan gagasan-gagasan abstrak ketika mereka semakin dewasa, namun semua orang pada usia berapapun dapat dengan lebih mudah memahami dan mengingat informasi abstrak bila meraka mengaitkan informasi abstrak tersebut dengan objek-objek atau peristiwa yang konkret.  Terkadang jauh akan lebih baik jika menyaksikan penerapan konsep atau prinsip tersebut pada diri anda sendiri.
3.    Kembangkanlah (elaborate) topik yang Anda baca, melampaui rentang pembahasan topik tersebut, dan tambahkanlah poin-poin yang relevan.
Cobalah berpikir melampaui yang disajikan. Buatlah contoh-contoh baru mengenai berbagai konsep yang dipelajari. Identifikasilah sendiri penerapan beragam prinsip pembelajaran, perkembangan, dan motivasi terhadap pendidikan.
4.    Secara berkala ujilah diri anda sendiri untuk memastikan anda telah mengingat dan memahami materi yang anda baca.
Ada kalanya ketika para siswa yang paling rajin sekalipun tidak berkonsentrasi pada buku yang dibacanya ketika pikiran mereka mengembara ke hal-hal lain sekalipun mata mereka tetap menatap ke arah buku. Cobalah berhenti sesekali, mungkin setiap dua atau tiga halaman untuk memastikan bahwa Anda benar-benar telah mempelajari dan memahami materi yang Anda baca. Cobalah merangkum materi tersebut. Ajukanlah pertanyaan-pertanyaan bagi diri Anda sendiri terkait materi tersebut. Pastikalah materi tersebut logis bagi Anda. Usai membaca setiap halaman atau setiap bab, lakukanlah “ latihan untuk menguji pemahaman Anda tentang materi tersebut” .
Sumber : Ormrod, Jeanne Ellis. 2009. Educational Psychology Developing Learners Sixth Edition.

0 komentar to “Strategi Pembelajaran yang Efektif”

Post a Comment