Wednesday, September 11, 2013

Median dan Modus

,
1.    Median
Segugus data yang telah diurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar atau dari yang terbesar sampai yang terkecil adalah pengamatan yang tepat di tengah-tengah bila banyaknya pengamatan  itu ganjil atau rata-rata kedua pengamatan yang ditengah bila banyaknya pengamatan genap.
Kelebihan dari median adalah kemudahan menghitungnya bila banyaknya pengamatan relatif kecil. Median tidak dipengaruhi oleh nilai ektrem, sehingga memberikan nilai rata-rata yang lebih benar.
Contoh:
1.1.    Dari tiga kali quiz kimia seorang siswa memperoleh nilai 60, 50, dan 74. Tentukan median populasi nilai tersebut.
Jawab: setelah menyusu nilai dari yang kecil sampai yang besar,maka diperoleh:
                            50     60     74
      Oleh karena itu, μ ̅ = 60
 1.2.   Kandungan glukosa yang berasal dari empat bungkus susu bubuk merk tertentu adalah 3.3, 0.5, 2.7, dan 1.2 gram. Tentukan mediannya:

Jawab: setelah diurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar, maka diperoleh:
                0.5     1.2    2.7   3.3
Maka mediannya adalah rata-rata dari 1.2 dan 2.7, yaitu:
          x ̅ = (1.2+2.7)/2=1.95 gram 

2.    Modus
adalah nilai yang terjadi paling sering atau yang mempunyai frekuensi paling tinggi. Modus tidak selalu ada pada setiap data. Hal ini terjadi bila semua pengamatan mempunyai frekuensi terjadi yang sama. Untuk data tertentu, mungkin saja terdapat beberapa nilai dengan frekuensi tertinggi, dan dalam hal demikian kita mempunyai lebih dari satu madus.
Modus merupakan ukuran yang paling jarang digunakan di antara ketiga ukuran yang ada. Ukuran in hampir tidak ada kelebihannya, tetapi ada 2 sifat baiknya yaitu:
a.    Tidak memerlukan perhitungan
b.    Dapat digunakan bagi data kualitatif maupun kuantitatif
Contoh:
2.1    Serangan dari israel k palestina selama tujuh hari tercatat sebagai berikut: 3, 2, 0, 4, 3, 3, dan 0 kali.
Jawab: Maka modusnya, yaitu nilai yang terjadi dengan frekuensi paling tinggi adalah 3 kali.
2.1    Dari 12 mahasiswa salah satu universitas yang diambil secara acak tercatat berapa kali mereka menonnton film india selama bulan lalu. Data yang diperoleh adalah: 3, 4, 1, 5, 9, 0, 5, 10, 3, 1, 3, dan 5 kali.
Jawab: dalam kasus ini, ada dua buah modus, yaitu 3 dan 5, karena 3 dan 5 terdapat dengan frekuensi tertimggi, dengan demikian dikatakan dengan bimodus.

0 komentar to “Median dan Modus”

Post a Comment