Tuesday, February 5, 2013

Makanan Bergizi dan Menu Seimbang

,
Sejak dimulainya kehidupan, manusia sudah menyadari perlunya makanan bagi kehidupan. Pada zaman purba, manusia tidak mengenal zat-zat utama yang dikandung makanan. Mereka umumnya tidak memilih-milih makanan yang hendak dimakan. Bagi mereka adalah bagaimana kebutuhan makanan dapat terpenuhi sehingga rasa lapar tergantikan oleh rasa kenyang.
Pada zaman modern, masalah makanan tidak lagi sekedar untuk pemenuhan rasa lapar. Kebutuhan makan sudah dikaitkan dengan masalah kesehatan dan kualitas sumber daya manusia. Mereka menyadari bahwa kandungan zat-zat dalam makanan sangat berpengaruh terhadap kecerdasan dan produktivitas kerja. Untuk itu, manusia perlu makanan sehat, yaitu makanan bergizi dan bersifat higienis.
Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Kalian masih ingat keutamaan dari masing-masing zat makanan tersebut, bukan? Sementara itu, makanan higienis adalah makanan yang terbebas dari kontaminasi kuman penyakit atau zat-zat yang dapat menimbulkan gangguan terhadap kesehatan tubuh.
Dewasa ini, kesibukan dan pola makan sudah menjadi fenomena tersendiri di tengah masyarakat perkotaan. Mereka yang terbilang sibuk sering kali mengalamiketerlambatan makan, lupa makan, atau asal makan. Padahal tubuh setiap harinya memerlukan asupan zat gizi yang lengkap dan seimbang agar tetap sehat. Itulah sebabnya, mengapa kita sering mendengar atau menyaksikan banyak orang yang tidak bermasalah dengan kantongnya, tetapi justru bermasalah dengan kesehatannya. Oleh karena itu, sebaiknya kita perlu mengusahakan pemenuhan kebutuhan gizi dengan pola menu seimbang. Misalnya, karbohidrat 60 sampai 70%, lemak 25%, protein 10 sampai 15%, serta vitamin, mineral, dan serat 25 gram per hari.
Di indonesia, pola menu seimbang sudah diterapkan di kalangan masyarakat luas sejak lama. Masyarakat mengenalnya sebagai Pedoman Menu 4 Sehat 5 Sempurna. Pedoman menu 4 sehat 5 sempurna adalah pola menu seimbang yang jika disusun dengan baik mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pedoman menu 4 sehat 5 sempurna pertama kali diperkenalkan oleh Prof. Dr. Poerwo Sodarmo pada tahun 1950. Menu berarti hidangan, yaitu susunan makanan yang dimakan oleh seseorang untuk sekali makan atau untuk sehari.
Sebenarnya, kita dapat menyususn menu sendiri yang seimbang dalam bentuk makanan lengkap atau makanan kecil (snack). Penyususnan menu tersebut dapat dilakukan dengan mengenal kebutuhan energi kita masing-masing. Kebutuhan energi setiap orang berbeda-beda karena dipengaruhi oleh kegiatan sehari-hari. Berikut ini merupakan contoh menu sehari-hari.

2 komentar:

  1. Iya gan saya setuju... sekarang 4 sehat 5 sempurna telha di ganti dengan mneu sehat bernutrisi seimbang

    ReplyDelete
  2. Kesana Kesini Bigung Cari Bandar Terpercaya Dan Aman.Ayok Daftar Kan Diri Anda.Menang kan Ratusan Juta Hanya Di Sanadomino
    ~ Bandar Poker
    ~ BandarQ
    ~ Poker
    ~ Domino
    ~ Capsa Online
    ~ AduQ
    ~Sakong
    Minimal deposit hanya Rp 20.000
    Bonus-Bonus Menarik Yang DI Berikan SanaDomino :
    * Bonus Refferal 20% Seumur Hidup
    *Bonus Casback 0,3/0,5%
    Silahkan Klik link di Bawah Untuk Mendaftar :
    http://www.sanadomino.com/Register.aspx?ref=lisalu88
    Ayo buruan daftar kan diri anda sekarang juga
    Untuk Info Keterangan Lebih Lanjut Silakan Hub :
    Cs sanadomino
    pin bbm d8effd9f siluman
    +855968727425 WA
    id line lisacantikbingit
    Layanan Tercepat, Proses Deposit & Withdraw Tercepat !!!
    Kami Memprioritaskan Kenyamanan Member.
    poker online

    ReplyDelete